-->

3 ALASAN KUNCI KENAPA BISNIS KAMU GAGAL TOTAL




Ada fakta pahit yg mungkin perlu kamu sadari : lebih dari 70% bisnis baru tidak bisa bertahan lebih dari 5 tahun. Artinya banyak yang gagal ditengah jalan juga.

Impian kamu untuk membangun bisnis dengan profit ratusan juta mungkin sah-sah saja. Namun kadang impian itu cuma jadi PHP. Sedih dong.

So, kenapa bisnis yang kamu angankan itu acap gagal dan nyungsep ditengah jalan?

Berikut 3 faktor kunci yang menjelaskannya; dan layak kamu cermati.

Business Mistake # 1 : Bad Products

Simpel. Pilar paling kunci dari sebuah bisnis sebenarnya adalah produk yang cetar membahana, dan yang tak kalah penting, dibutuhkan oleh pasar.

Banyak newbie gagal berbisnis karena produknya memang tidak nendang. Atau sering hanya me-too products. Tidak punya keunikan, dan karena itu, sama sekali tidak diminati pelanggan.

Kalau produknya mau dibuat sendiri, memang butuh kreativitas dan kegigihan untuk belajar menciptakan produk yang wow.

Tanpa kreativitas dan kegigihan untuk terus menciptakan produk yang keren, jalan bisnis yang kelam akan menjemput di ujung jalanan.

Jika produk yang akan kita jual adalah produk bikinan orang lain – dus kita hanya menjadi distributor/reseller, maka kecakapan untuk menemukan supplier yang andal adalah kunci.

Menemukan supplier yang andal dengan harga kompetitif serta varian produk yang lengkap, adalah salah satu kunci sukses jika kita berbisnis dengan jualan produk orang lain.

Be resourceful. Gigih mencari dan blusukan. Ini kunci untuk bisa menemukan supplier barang yang pas, dan mampu kamu pasarkan dengan gemilang.

Business Mistake # 2 : Bad Marketing and Promotion

Kesalahan para newbie yang berkali-kali saya saksikan adalah ini : dengan semangat menyiapkan produk yang akan dijual, dengan penuh antusiasme membuat toko online (entah via web atau via marketplace seperto tokopedia), dan lalu segera gelar lapaknya.

Setelah 21 hari berlalu, kok ndak ada jualan yang laku. Wajahnya mulai manyun.

Dan setelah memasuki hari ke 29, produknya belum ada satupun yang “menetas jadi telor”, wajahnya jadi kian manyun.

Semangatnya pelan-pelan mulai kandas, ditelan malam panjang penuh kesunyian karena NOL penjualan.

Kesalahan newbie itu simpel : berasumsi bahwa kalau sudah buka toko, maka pembeli akan datang dengan sendirinya. Datang dari Hongkong ??!!

Salah satu cara yang mungkin lebih cocok di era online adalah ini : bangun audience dulu, baru jualan kemudian. Bukan sebaliknya.

Cara paling murah untuk membangun audience (prospek) adalah via konten online yang kredibel dan disajikan secara konsisten (contohnya group yang sedang Anda baca ini).

Setelah mampu mengumpulkan audience dalam “kolam online” yang kita siapkan (bisa melalui blog atau Facebook atau email list), baru kita pelan-pelan berjualan produk kita.

Jadi misalnya kamu mau jualan produk herbal, ya buka laman di Facebook dan lalu isi dengan konten bermanfaat tentang segala pernik kesehatan herbal.

Kalau mau jualan fashion, ya buat blog atau page di FB dan lalu isi dengan beragam materi menarik tentang perkembangan fashion.

Business Mistake # 3 : Bisnisnya Gagal Dibuka.

Alasan terakhir kenapa Anda gagal membangun bisnis yang profitabel ya simpel : ide bisnis yang lama bersemayam dalam otakmu, ndak kunjung di-implementasikan.

Ide bisnis Anda yang wow itu, hanya dipikir, direnungkan, dianalisa, lalu dipikir lagi, direnungkan lagi, dan dianalisa lagi.

Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang di-eksekusi. Bukan terus menerus ditanyakan dan dilamunkan sampai tua.

Itulah 3 alasan kunci kenapa kebanyakan dari kita gagal membangun bisnis yang profitabel dan maknyuss.