-->

CLOSING SETIAP HARI PAKAI WHATSAPP

 
Bayangkan saja, ketika Whatsapp (WA) kita bisa jadi sumber penghasilan tak terduga
Atau malah bisa terjadi setiap hari. Ini bakalan asikk banget.
Emang bisa?
Bisa banget, saya  sudah membuktikannya, ternyata Whatsapp kalau benar-benar di plankan untuk kita besarkan, bakal powerful banget untuk bisnis online.Tapi balik lagi caranya agar teknik jualan kita di WA bisa berhasil Ga bisa asal-asalan, harus benar-benar direncanakan
Bahasa kerennya adalah di plankan.Bagaimana dalam 3 bulan bahkan kurang, WA bisa menghasilkan
Bahkan nantinya dari WA bisa tembus closing setiap hari.Seruu kan?

Oke kita pelajari beberapa konsep dasar agar bisa tembus closing setiap hari dengan WA marketing ya. Yuk kita cek satu persatu.

1. BUAT PLAN + TARGET
Tahukah teman2, ternyata yg membuat strategi itu memble karena ga punya target dan rencana. Ketika teman2 memang serius akan menggunakan WA marketing, teman2 harus membuat rencana bulanan.
Rencana bulanan ini wajib diberikan target. Rencana ini seperti apa?
Mulai dari rencana konten, rencana jualan, plan perbesar leads, perbesar list building
Berapa targetnya dkk.

2. SUMBER TRAFIK KE WA NYA BESAR
Sumber trafik ke WA harus besar. Bisa dari FB gratisan, atau FB berbayar
Kedua sumber trafik ini penting. Dan saran saya jgn dibuat direct closing
Kenapa?
Karena klo direct closing, kita Cuma bisa pake utk sekali jualan
Kalo diarahkan utk gedein list kontak, hasilnya bisa lebih besar dan bisa terus-menerus Ini kelebihan WA marketing

3. KUMPULKAN WA LIST MINIMAL 3000
Pengalaman saya, list kontak WA minimal 500 udah bisa tembus closingTapi klo mau tembus closing setiap hari, saran saya kejar minimal 3000. Jadi hasilnya bisa lebih gede dan closingnya bisa setiap hari.Bayangkan saja, kalo punya 3000 list kontakBerarti teman2 punya 3000 orang calon pembeli yg menjadi potensial buyer teman2.

4. FOKUS KE KONTEN EDUKASI
Untuk gedein WA list, kita perlu fokus perbanyak konten edukasi
Konten ini berperan sebagai lead magnet, sumber penarik supaya orang pada mau join masuk jadi list kontak kita.
Apa saja yg bisa teman2 persiapkan?
Mulai dari tips, kulwa, ebook bahkan bisa dengan membuat serial BC tips edukasi
Ini konsepnya seperti 7 hari Jago Jualan (mendapat 7 Tips selama 7 hari kedepan)

5. PUNYA MANAJEMEN KONTAK WA
Manajemen kontak WA perlu dibuat dengan serius
Ini berbicara tentang monitoring penambahan list kontak dan manajemen gadget
Ga mau kan, list kontak nambah terus, eh tiba2 gadget kita ngehang
Manajemen kontak WA juga perlu diintegrasikan dengan siapa yg handleIni berbicara ttg tim admin Mungkin klo 3000 kontak, handle sendiri gpp Tapi kalo sudah 10,000 kontak, perlu ada pembagian tugas, biar pas dikejar closing ga keteteran. Kebayang kan?

6. BUAT DALAM BC LIST
BC list perlu dibuat secara khusus untuk memetakan calon buyer potensialMana yg potensial mana yg tidak.
Saya punya 100 BC list lebih. 1 BC list ada 200 kontak, berarti saya punya 20.000 kontak lebihSaya dan tim membuat BC list dengan tujuan saat ada promo atau PO bisa dimaksimalkan dengan baik utk tembus byk orderan.Tapi ingat, tidak bisa asal broadcast, ada konsep alur funneling, teaser edukasi hingga proses closing
Ada alurnya ada prosesnya.

7. TERAPKAN CARA CLOSING
Cara closing di WA itu tidak bisa asal nebar promo
Ada teknik yg namanya mengubah cold menjadi warm menjadi hot
Proses menggunakan teknik AIDA
Awareness - Interest - Desire - Action
Bagaimana menerapkannya?
Prosesnya seperti ini:
Teaser 1 > Teaser 2 > Softselling > Hardselling
Penerapannya bisa di grup, tapi lebih efektif di BC list WA

8. SISTEMATISASI WA
Proses WA Marketing akan lebih mudah jika kita menerapkan sistemNah sistem ini bermacam-macam, mulai dari manual hingga otomatisApa saja yg di sistemkan?
Mulai dari pembagian sistem konten
Pembagian sistem kerja
Sistem reply chat
Sistem SOP pembagian grup dan BC list WA

9. GUNAKAN COPYWRITING WA
Pola copywriting di WA menggunakan pola khusus
Setiap segmen market menggunakan jenis promo yg berbeda
Cold market = ini menggunakan covertselling, seeding dan teaser
Ini utk segmen market yg belum dekat dengan Anda
Anda jangan langsung berjualan disini
Warm market = ini menggunakan softselling
Ini utk segmen market yg sudah mulai kenal dengan Anda
Anda bisa mulai memperkenalkan produk tp jgn hardsell
Hot market = ini menggunakan hardselling
Ini untuk segmen market yg sudah pernah beli produk dari Anda
Bahkan utk reseller
Anda bisa berjualan dengan info promo yg detail
Tapi tetap diawal gunakan teaser dan edukasi terlebih dulu

10. TERAPKAN ALUR FUNNELING WA
Proses WA marketing membutuhkan funneling khusus
Apa itu funneling?
Ini adalah proses alur corong dari proses edukasi > teaser > calon buyer > buyer > reseller
Nah proses ini membutuhkan alur funneling yg jelas
Dengan tujuan supaya closingnya lebih efektif
Alur funneling ini bisa dimulai dari sumber trafik
Misal FB gratisan atau FB berbayar
Kemudian libatkan lead magnet agar yg join bisa lebih banyak
Kalo alur funneling sudah dilakukan
Hasilnya closingnya bertubi-tubi

11. MAKSIMALKAN ILMU KONVERSI
Apa itu ilmu konversi?
Ilmu konversi adalah ilmu penghitungan dari jumlah leads yg masuk berapa yg menghasilkan closing
Nah jumlah persentase ini lah yg disebut konversi
Proses konversi ini melibatkan alur funneling
Simpelnya begini,
Kalau kita punya 1000 kontak list bisa closing 30.
Maka kalu mau closing 300, kita harus punya minimal 10.000 kontak.
Ini namanya persentase konversi

12. TAMBAH TERUS HINGGA MINIMAL 10.000 KONTAK
Target utama dari WA marketing
Adalah TARGET + PLAN + KONSISTEN
Konsisten utk mengejar minimal 10.000 kontak list WA
Bayangkan kalo bisa achieve dengan nomimal segini
Setiap PRE ORDER pasti closing ratusan
Setiap PROMO pasti closing buanyak
Setiap REWARD BONUS pasti gampang achieve
Setiap DIBUKA RESELLER pasti byk gabung
Tapi kembali lagi butuh perencanaan planning WA Marketing
Susun tabel plan yg dibagi dalam beberapa periode dan taktik marketing
Supaya bisa tembus lebih cepat.
Gimana baru sedikit, seruuu kan?
Materi diatas saya ambil dari program kursus online WA marketing.
Related Posts